negara serbia dan montenegro

Serbia dan Montenegro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari


Државна заједница Србија и Црна Гора
Državna zajednica Srbija i Crna Gora
Uni Negara Serbia dan Montenegro
Persemakmuran
Flag of FR Yugoslavia.svg 2003 – 2006 Flag of Serbia.svg

Flag of Montenegro.svg

Flag Lambang negara
Bendera Lambang
Lagu kebangsaan
Hey, Slavs
Location of Serbia dan Montenegro
Ibu kota Beograd
Bahasa Serbia
Pemerintahan Republik
Presiden
 – 2003 – 2006 Svetozar Marović
Era bersejarah Pasca Perang Dingin
 – Keanggotaan PBB¹ 1 November 2000
 – Didirikan 4 Februari 2003
 – Dibubarkan 5 Juni 2006
Luas
 – 2006 102.350 km² (39.518 sq mi)
Populasi
 – Perkiraan 2006 10.832.545 
     Kepadatan penduduk 105,8 /km²  (274,1 /sq mi)
Mata uang Dinar Serbia, Euro
¹Sebagai Republik Federal Yugoslavia

Uni Negara Serbia dan Montenegro (Serbia: Србија и Црна Гора, Srbija i Crna Gora, disingkat sebagai “SCG”), adalah uni dari negara Serbia dan Montenegro yang eksis antara 20032006. Kedua negara, yang merupakan bekas negara bagian Republik Federal Sosialis Yugoslavia, awalnya membentuk Republik Federal Yugoslavia (RFY) pada 1992. Pada 2003, RFY dibentuk ulang sebagai Uni Negara Serbia dan Montenegro.
Pada tanggal 21 Mei 2006, Montenegro menyelenggarakan suatu referendum untuk mencapai kemerdekaan penuh. Pada 31 Mei, hasil akhir resmi menunjukkan bahwa 55,5% pemberi suara memilih untuk merdeka. Uni negara ini secara efektif berakhir setelah deklarasi kemerdekaan resmi Montenegro pada tanggal 3 Juni 2006 dan deklarasi kemerdekaan resmi Serbia pada tanggal 5 Juni. Banyak pihak melihat hal ini sebagai simbol dari akhir perjalanan sisa-sisa bekas negara Yugoslavia.
Serbia dan Montenegro bekerja sama hanya dalam sejumlah bidang politik (mis. dalam pertahanan). Kedua negara ini mempunyai kebijakan ekonomi dan mata uang yang terpisah. Mereka tidak lagi mempunyai satu ibukota yang sama, dan lembaga-lembaga bersamanya dibagi dua antara Beograd di Serbia dan Podgorica di Montenegro.

Daftar isi

[sembunyikan]

//

[sunting] Sejarah

Pada 2002, Serbia dan Montenegro mencapai kesepakatan mengenai kelanjutan kerja sama keduanya yang, antara lain, berjanji mengakhiri penggunaan nama Yugoslavia. Pada 4 Februari 2003, parlemen federal Yugoslavia menciptakan sebuah persemakmuran yang tidak begitu mengikat antara Serbia dan Montenegro yang disebut Uni Negara Serbia dan Montenegro. Sebuah Dokumen Konstitusional disetujui untuk dijadikan kerangka pemerintahan negara itu.
Pada hari Minggu, 21 Mei 2006, bangsa Montenegro memberikan suara dalam sebuah referendum kemerdekaan, dengan 55,5% mendukung kemerdekaan. Lima puluh lima persen atau lebih suara sah dibutuhkan untuk membubarkan Uni Negara Serbia dan Montenegro. Tingkat partisipasi pemilih sebesar 86,3%, dan 99,73% dari 477.000 lebih surat suara dinyatakan sah.
Proklamasi kemerdekaan Montenegro pada 3 Juni 2006 dan proklamasi kemerdekaan Serbia pada 5 Juni mengakhiri Uni Negara Serbia dan Montenegro yang merupakan peninggalan terakhir bekas negara Yugoslavia.

[sunting] Pembagian politik

Map of SCG

Serbia dan Montenegro terdiri atas empat satuan politik utama, yang terdiri atas dua republik dan dua provinsi subordinat:

Ibukota politik dan administratif negara ini adalah Beograd,sementara ibukota kehakimannya adalah Podgorica.

[sunting] Geografi

Uni negara Serbia dan Montenegro terletak di Jazirah Balkan tengah-barat, dan berbatasan dengan Bosnia dan Herzegovina dan Kroasia di sisi baratnya, Hongaria di utara, Rumania dan Bulgaria di timur, Republik Makedonia di selatan dan Albania di tenggara, dengan akses hanya 200 km lebih sedikit ke Laut Adriatik.
Serbia dan Montenegro meliputi sebuah wilayah yang luasnya 102.350 km persegi, dengan 199 km garis pantai. Permukaan negara ini sangat berbeda-beda; sebagian besar Serbia terdiri dari dataran rendah dan bukit-bukit yang rendah (kecuali wilayah Kosovo yang lebih bergunung-gunung) dan kebanyakan dari Montenegro terdiri atas gunung-gunung yang tinggi. Serbia sama sekali tidak memiliki laut, karena garis pantainya adalah milik Montenegro, yang jug amemiliki satu-satunya fjord di Eropa selatan. Iklimnya pun sangat berbeda-beda. Daerah utara mempunya iklim benua (musim dingin yang dingin, dan musim panas yang panas); daerah tengah memiliki iklim gabungan antara iklim benua dan Mediterania; daerah selatan menikmati iklim Adriatik di sepanjang pantainya, sementara daerah pedalamannya mengalami musim panas dan gugur yang panas dan kering, dan musim dingin yang relatif dingin dengan curah salju yang besar di pedalaman.
Beograd, dengan populasinya sebanyak 1.280.600, adalah kota yang terbesar dan satu-satunya yang ukurannya cukup signifikan. Kota-kota utama lainnya dari negara ini adalah Novi Sad, Niš, Kragujevac, Podgorica, Subotica, dan Priština, masing-masing dengan penduduk sekitar 100.000-250.000 people.

[sunting] Demografi

Serbia dan Montenegro mempunyai variasi demografi yang lebih besar daripada kebanyakan negara Eropa lainnya. Ketiga bangsa yang terbesar adalah bangsa Serbia (62.6%), bangsa Albania (kebanyakan orang Gheg dan Tosk) (16.5%) dan bangsa Montenegro (5%) menurut sesnsu 1991. Negara ini juga mempunyai cukup besar penduduk orang Hongaria (kebanyakan orang Szekler dan Erkel meskipun ada pula beberapa sub-bangsa lainnya), Roma, Bulgaria, Makedonia, Rumania dan bangsa-bangsa Romans timur lainnya (termasuk Arumania, Megleno-Rumania dan Vlach), dan lusinan denominasi Slavia lainnya, yaitu Bosniak, Kroat, Bunjevci, Šokci, Goranci, Janjevci, Rusin, Slovak, bangsa Muslim dan Yugoslav. Sub-sub kelompok Turki juga masih menetap di Kosovo (kebanyakan Gagauz dan Seljuk). ADa pula sejumlah warganegara yang menyatakan kebangsaan mereka sebagai orang Mesir dan Ashkali. Kedua kelompok ini sebelumnya dianggap sebagai bagian dari orang Roma yang percaya bahwa mereka berasal dari Mesir dan Israel masa kini. Kebanyakan dari berbagai etnis ini berada di provinsi-provinsi Kosovo dan Vojvodina; di sana sejumlah kecil kelopok minoritas lainnya dapat ditemukan. Penduduk Albania yang besar terutama terkonstrasi di Kosovo, dengan kelompok yang lebih kecil di munisipalitas Preševo dan Bujanovac di Serbia Tengah, dan di tenggara Montenegro (munisipalitas Ulcinj). Penduduk Bosniak yang besar jumlahnya hidup di wilayah Sandžak di perbatasan antara Serbia dan Montenegro.

Keseluruhan Serbia-Montenegro – 10.019.657
  • Serbia (total): 9.396.411
    • Vojvodina: 2.116.725
    • Central Serbia: 5.479.686
    • Kosovo: 1.800.000
  • Montenegro: 623.246
  • Kota-kota besar (lebih dari 100.000 penduduk) – data 2002 (2003 untuk Podgorica) :
    • Beograd (Belgrade): 1.280.600
    • Novi Sad: 215.600
    • Priština: 200.000
    • Niš: 173.400
    • Kragujevac: 146.000
    • Podgorica: 139.500
    • Subotica: 99.471

[sunting] Ekonomi

Kekeliruan dalam pengelolaan ekonomi, sanksi ekonomi yang berkepanjangan, dan kerusakan infrastruktur dan industri Yugoslavia yang disebabkan oleh Perang Kosovo telah menjadikan ekonominya hanya setengah dari ukurannya pada 1990. Sejak disingkirkannya bekas Presiden Federal Yugoslavia Slobodan Milošević pada Oktober 2000, pemerintahan koalisi Oposisi Demokratik Serbia (ODS) telah menerapkan langkah-langkah stabilisasi dan melakukan program pembaruan pasar yang agresif. SEtelah memperbarui keanggotaannya di [[IMF] pada Desember 2000, Yugoslavia terus mengintegrasikan dirinya kembali ke dalam komunitas internasional dengan bergabung kembali dengan Bank Dunia (IBRD) dan Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (EBRD). Sebuah Konferensi Donor yang disponsori Komisi Eropa dari Bank Dunia diadakan pada Juni 2001 dan mengumpulkan $1,3 milyar untuk restrukturisasi ekonomi. Sebuah perjanjian untuk menjadwalkan kebmali utang-utang pemerintah sebesar $4,5 milyar Paris Club dicapai pada November 2001. Perjanjian ini akan menghapuskan 66% dari utang, sebuah perjanjian peringanan utang yang sama terhadap udang komersialnya sebesar $2,8 milyar London Club telah dicapai pada Juli 2004; 62% dari utang itu telah dihapuskan.
Republik Montenegro yang lebih kecil memutuskan ekonominya dari kontrol federal dan dari Serbia pada masa Milošević. Kini kedua republik itu memiliki bank sentral yang terpisah, mata uang yang berbeda – Montenegro menggunakan euro, sementara Serbia menggunakan dinar Serbia sebagai mata uangnya yang resmi. Kedua negara ini juga mempunyai tarif cukai yang berbeda, anggaran negara yang berbeda, dan kepolisian dan pemerintahan yang berbeda pula.
Provinsi Kosovo di selatan, yang meskipun resminya masih merupakan milik Serbia (menurut Resolusi 1244 Dewan Keamanan PBB), sedang beralih menujui otonomi lokal di bawah Misi Administrasi Sementara PBB di Kosovo (UNMIK) dan tergantung pada komunitas internasional untuk bantuan keuangan dan teknisnya. Euro dan dinar Yugoslavia adalah mata uang yang resmi, dan UNMIK memungut pajak dan mengelola anggarannya.
Kompleksitas hubungan politik Serbia dan Montenegro, lambatnya kemajuan dalam privatisasi, dan kemacetan dalam ekonomi Eropa, semuanya memperlambat ekonominya. Pengaturan-pengaturan dengan IMF, khususnya tuntutan-tuntutan untuk disiplin fiskal, adalah unsur penting dalam pembentukan kebijakan. Pengangguran yang parah tetap merupakan suatu masalah ekonomi politik yang penting. Korupsi pun merupakan masalah utama, dengan sebuah pasar gelap yang besar dan tingginya tingkat kriminalitas di dalam ekonomi resmi.

Statistik ekonomi: Ekonomi Serbia

[sunting] Transportasi

Map of Serbia-Montenegro

Serbia, dan khususnya lembah Morava sering digambarkan sebagai “persimpangan jalan antara Timur dan Barat” – salah satu alasan utama untuk sejarahnya yang selalu bergolak. Lembah ini adalah jalan yang paling mudah untuk melakukan perjalanan dari Eropa daratan ke Yunani dan Asia Kecil. Hingga pecahnya perang Yugoslavia, Jalan Raya Persaudaraan dan Kesatuan yang ironis namanya, merentang melalui Kroasia, Serbia dan Macedonia dan merupakan salah satu urat nadi transportasi paling penting Eropa. Jalan ini pelan-pelan mengambil kembali peranannya sementara situasi keamanannya semakin stabil.
Jalan-jalan raya internasional yang utama melalui Serbia adalah E75 dan E70. E763/E761 adalah rute yang paling penting yang menghubungkan Serbia dengan Montenegro.
Danube, adalah jalur sungai internasional yang penting, yang mengalir melalui Serbia.
Pelabuhan terbesar adalah Bar di Montenegro.

[sunting] Wisata di Serbia dan Montenegro

Hari-hari Libur
Date Name Notes
1 Januari Tahun Baru
7 Januari Natal Ortodoks
14 Januari Hari libur nasional (Tahun Baru Serbia) “Српска Нова Година”
“Srpska Nova Godina”
27 Januari Perayaan hari Santo Sava – Hari Spiritualitas
27 April Hari Konstitusi
29 April Jumat Agung Ortodoks Tanggal hanya untuk 2005
1 Mei Paskah Ortodoks Hanya untuk 2005
2 Mei Paskah kedua Ortodoks Hanya untuk 2005
1 Mei Hari Buruh
9 Mei Hari Kemenangan
28 Juni Vidovdan (Hari para Martir) Untuk mengenang para prajurit yang mati dalam Pertempuran Kosovo
Hari raya khusus di Serbia
Hari raya khusus di Montenegro

[sunting] Galeri

[sunting] Kelanjutan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s