malaysia bikin ulah lagi

bullet for my valentine

Bikin Ulah Lagi, Malaysia Klaim Pulau Sumatera

addthis_pub = ‘suaramedia’; addthis_logo = ‘http://www.suaramedia.com/images/logo.gif’;addthis_logo_background = ‘EFEFFF’;addthis_logo_color = ‘666699’;addthis_brand = ‘Suaramedia‘;addthis_options = ‘facebook, digg, delicious, twitter, technorati, reddit, myspace, stumbleupon, live, favorites, more’;
E-mail Cetak PDF

JAKARTA (Berita SuaraMedia) – Sebuah forum Malaysia memposting salah satu tulisan yang menyebutkan kalau Pulau Sumatera seharusnya milik Malaysia. Dalam postingannya disebutkan, berdasarkan sejarah zaman Belanda, pulau Indonesia itu seharusnya menjadi bagian dari negara Malaysia.

“Kerajaan Johor berjaya mengembangkan ekonominya dan menjadi kuasa politik terpenting sesuai dengan lokasinya di laluan perdagangan timur-barat. Di zaman kegemilangan Johor, negeri ini pernah menjadi sebuah empayar besar yang mana kekuasaannya mewarisi sebahagian jajahan takluk Melaka. Empayar Johor termasuklah sampai ke Terengganu di semenanjung, kepulauan Riau-Lingga dan sebahagian pantai timur Sumatera,” tulis postingan tersebut, yang okezone kutip, Kamis (27/1/2011).

Postingan yang ditulis oleh akun Mohd Am tersebut, membeberkan sejarah mengenai kerajaan Johor, yang sekarang menjadi nama salah satu kota di Malaysia, sebagai kerajaan besar yang kekuasaanya mulai dari Sungai Muar, Singapura, hingga Ke Kepulauan Riau, dan sebagian pantai Timur Sumatera. “Berdasarkan fakta historik ini adalah jelas bahwa Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera itu adalah Jajahan Johor.. iaitu Malaysia sekarang..,” klaimnya.

Menilik dari sejarah itu pula, daerah sebagian Sumatera dan Kepulauan Riau seharusnya menjadi milik Malaysia. Namun pada saat perjanjian antara Inggris dan Belanda, dua negara yang pernah menjajah Indonesia dan Malaysia justru menghilangkan batasan kawasan tersebut.

“Jadi sumatera itu harus balik kepada asalnya iaitu termasuk dalam provinsi Johor Malaysia, tetapi penjanjian inggeris-belanda telah memecahkan kawasan jajahan Johor iaitu Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera.” tutup postingan tersebut.

Berdasarkan pantauan, postingan yang berjudul ‘Sumatra itu milik Malaysia’ dipostingan oleh akun bernama Mohd Am, yang tertulis berasal dari kawasan Kuching pada tanggal 12 Desember 2010. Hingga saat ini, yang membaca tulisan ini sudah dikomentari hingga 11,222.

Sekedar informasi, Postingan yang berjudul ‘Sumatra itu milik Malaysia’ di salah satu forum Malaysia tersebut, ternyata bukanlah kasus yang pertama. Setidaknya beberapa di forum tersebut sempat memuat postingan yang membuat ‘panas’ antara kedua negara.

Berdasarkan penelusuran, beberapa postingan di forum Malaysia tersebut banyak yang memuat tentang klaim kebudayaan Indonesia atau bahkan tak jarang yang menghina Indonesia secara kasar.

Dua tahun yang lalu, tepatnya Agustus tahun 2009, Forum Malaysia tersebut pernah memuat postingan mengenai plesetan lagu Indonesia Raya. Kontroversi tersebut juga memicu banyak kecaman dari anggota forum yang berasal dari Indonesia. (okezone.com)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s